Posting pertama kali di wordpress

Tulisan ini menyambung tulisan tentang Cara Membuat Blog. Posting adalah istilah yang artinya tak lain dari membuat satu halaman blog. Posting adalah aktifitas utama para blogger.

Posting di wordpress hampir tak ada bedanya dengan membuat tulisan di Microsoft Word. Bila Anda terbiasa dengan Microsoft Word, posting di WordPress sama sekali tak sulit.

Langkah pertama, login sebagai admin di wordpress Anda. Biasanya ini diberikan oleh perusahaan hosting lewat email setelah Anda membayar pembelian wordpress hosting.

Setelah Anda login, Anda akan mendapatkan halaman berikut:

posting di wordpress

Posts: akan menampilkan semua postingan yang sudah dibuat.

Add New: Menambah postingan baru.

Setelah Anda klik Add New, Maka semua yang perlu Anda lihat hanyalah area penilisan dan menu di sebelah kanan. Pahami menu-menu penting ini:

Di Area Penulisan:

  • Menu seperti di Microsoft word seperti tombol blod, italic, bullet, numbering dan sebagainya.
  • Add media: Untuk menambah gambar sisipan atau video sisipan. Silahkan klik bila Anda ingin menyisipkan gambar dalam postingan Anda.

Di sebelah kanan area penulisan:

Ini adalah menu-menu penting. Hapalkan dulu sedikit menu penting ini:

  • Categories: Untuk menentukan postingan Anda dimasukkan dalam kategori apa. Kategori itu pengelompokan tulisan yang nantinya akan memudahkan orang untuk mencari postingan dalam website Anda. Anda perlu membuat kategori ini. Jangan takut salah karena ini akan sangat mudah di edit. Bayangkan saja isi dari website Anda nantinya akan berisi apa saja. Misalnya, bila website Anda akan berisi berbagai minat Anda, maka setiap minat akan menjadi Kategori. Misalnya: Politik, Gaya busana dan sebagainya. Tinggal klik “Add New Category”. Lalu ketik nama kategori. Maka nama kategori akan muncul dengan kotak kecil yang bisa anda check (centrang).
  • Featured image: Untuk menambahkan gambar ‘perkenalan’. Ini beda dengan gambar sisipan yang Anda sispikan dengan menu Add Media. Untuk memahami perbedaannya, Anda harus mengetahui hal ini: Di wordpress, postingan Anda akan ditampilkan dengan dua cara: Tampilan Listing, hanya berisi penggalan-penggalan postingan di beranda website Anda dan tampilan penuh, yaitu ketika orang klik apa yang ada di listing. Featured image ini untuk mempercantik tampilan listing, dengan cara menambahkan gambar sekaligus sebagian teks dari postingan Anda. Sedang gambar sisipan akan muncul saat orang membuka postingan Anda untuk membaca.
  • Save draft: Tak adanya dengan save di Microsoft Word. Ini diperlukan bila Anda ingin menunda penyelesaian penulisan.
  • Publish: Yups. Menu ini untuk menerbitkan Postingan Anda. Dengan mengklik menu tombol ini, maka postingan Anda akan mucul dalam website Anda.

Mudah bukan? Selamat mencoba. Silahkan komen bila Anda ingin bertanya.

 

Leave a Reply